Dukung Bersama Asian Games 2018 dari Banyumas



Asian games merupakan kompetisi olahraga terbesar di Asia. Peserta ajang olah raga 4 tahunan ini adalah seluruh negara di Asia mulai dari Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Barat. Asian Games pertama diadakan pada tahun 1951 di New Delhi, India. Pada Tahun 2018 tepatnya Asian Games ke-18 ajang olahraga ini diadakan di Indonesia tepatnya di Jakarta dan Palembang. Indonesia sendiri telah dua kali menjadi tuan rumah kegiatan ini, yang pertama pada tahun 1962. Terdapat lebih dari 40 cabang olah raga yang dipertandingkan pada Asian Games ke-18 yaitu:
No
Cabang Olahraga
No
Cabang Olah raga
1
Aquatic
21
Kabaddi
2
Archery
22
Karate
3
Athletics
23
Martial Arts
4
Badminton
24
Kurash
5
Baseball/Softball
25
Sambo
6
Bowling
26
Modern Penthlon
7
Boxing
27
Paragliding
8
Bridge
28
Rowing
9
Canoe/Kayak
29
Sailing
10
Cycling
30
Sepak Takraw
11
Equestrian
31
Shooting
12
Fencing
32
Sport Climbing
13
Football
33
Squash
14
Golf
34
Table tennis
15
Gymnastic
35
Taekwondo
16
Trampoline
36
Tennis
17
Handball
37
Triathlon
18
Hockey
38
Volley ball
19
Jet ski
39
Weightkifting
20
Judo
40
Wrestling

Bangga rasanya saat tahu Indonesia diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Saya pribadi sangat antusia dengan kegiatan Asian Games tahun ini. Ingin sekali bisa menonton salah satu pertandingan baik yang di Jakarta atau Palembang. Kompetisi olahraga sekelas Asian Games kadang euforianya kurang terasa bagi saya karena selama ini Asian Games diadakan bukan di Indonesia, dan juga pemberitaan tentang Asian Games sebelumnya tidak terlalu “booming” di media Indonesia. Sehingga yaa rasanya seperti tidak ada apa-apa. Berbeda dengan perhelatan Piala Dunia, pemberitaan yang luas di media membuat masyarakat merasakan euforianya.
Asian Games tahun 2014 kemarin saja saya tidak tahu apa-apa, tidak tahu Indonesia ada di perangkat berapa, tidak tahu juga cabang olahraga apa saja yang diikuti Indonesia hehehe atau mungkin saya yang kurang memperhatikan pemberitaan media ya? Hmm. Setelah gencar diberitakan bahwa Asian Games tahun ini diadakan Indonesia, saya sangat antusias dan bangga. Tidak hanya saya kan? Seluruh masyarakat Indonesia pasti bangga. Perhelatan akbar olahraga se-Asia ini juga menjadi salah satu cara bagi Indonesia untuk ‘mempromosikan’ kekayaan yang dimiliki, baik itu kekayaan alam dan kekayaan budanya dan juga saya yakin Pariwisata di Indonesia akan meningkat terutama di tingkat Asia setelah perhelatan akbar ini. Dengan terselenggaranya Asian Games di Jakarta dan Palembang, maka seluruh perhatian warga Asia akan terpusat di Indonesia di Jakarta dan Palembang. Pengunjung dari Asia juga pastinya akan mendatangi dua kota ini untuk menyaksikan Asian Games.
Menjadi tuan rumah berarti Indonesia mempunyai tanggung jawab untuk mensukseskan kegiatan ini. Keberhasilan terselenggaranya Asian Games tahun ini menjadi tanggung jawab besar pemerintah Indonesia dan seluruh panitia. Berbagai persiapan dilakukan untuk mendukung kelancaran Asian Games tahun 2018 mulai dari renovasi stadion, pembangunan asrama untuk para atlet, perbaikan sarana transportasi, perbaikan lokasi pertandingan, pembuatan lagu pendukung Asian Games, pembuatan logo dan maskot, dan masih banyak persiapan lain yang pastinya membutuhkan biaya besar. Persiapan yang dilakukan pemerintah tidak akan berhasil tanpa bantuan berbagai pihak. Semua putra-putri terbaik bangsa diikutsertakan untuk mensukseskan acara ini. tak hanya itu, dukungan dari berbagai daerah juga turut andil. Salah satunya oleh Kabupaten Banyumas. Di Banyumas, Pemerintah Daerah mendukung terselenggaranya Asian Games dengan memasang spanduk di beberapa lokasi strategis seperti di pinggir jalan, di perempatan, dan juga beberapa lokasi penting. Seluruh instansi dan dinas di Banyumas memasang spanduk yang menunjukkan bahwa instansi atau dinas tersebut mendukung terselenggaranya Asian Games 2018. Tujuan utama pemasangan spanduk ini tentunya untuk memberi tahu masyarakat bahwa pelaksanaan Asian Games akan diadakan di negara kita sekaligus mengingatkan masyarakat untuk terus mendukung atlet Indonesia di Asian Games 2018. Melihat banyaknya spanduk di pinggir jalan saya menjadi deg-degan dan tidak sabar dengan pelaksanaan Asian Games. Pemasangan spanduk dan logo Asian Games di tempat umum seperti ini akan sangat bermanfaat terutama untuk memberi info kepada masyarakat yang belum tahu bahwa ajang olahraga terbesar di Asia ini akan diadakan di Indonesia. Dukungan masyarakat akan sangat berguna untuk memacu semangat para atlet Indonesia untuk menyumbangkan medali bagi negara kita ini.


Instansi yang memasang spanduk antara lain Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto yang memasang spanduk di utara gedungnya. Spanduk ini berlokasi di perempatan sehingga mudah dilihat masyarakat.
Kantor Kejari Purwokerto

Gambar 1. Spanduk dukungan Asian Games 2018 di utara kantor Kejari Purwokerto
Sumber: Dokumentasi pribadi, 2018

Saat berjalan lagi ke arah barat, saya juga menemukan spanduk dukungan Asian Games di depan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Banyumas. Spanduk ini cukup besar dan dipasang di depan pagar. Setiap orang yang melewati pasti dapat melihat dengan jelas.


Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Banyumas

Gambar 2. Spanduk dukungan Asian Games di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Banyumas
Sumber: Dokumentasi pribadi, 2018

Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas juga tidak mau kalah nih, kantor ini juga memasang spanduk yang mendukung Asian Games 2018. Tapi mungkin tidak semua orang yang lewat akan ngeh dengan spanduk ini karena tidak dipasang di depan kantor seperti Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, tapi kalau pengendara jeli pasti terlihat kok spanduknya hehe.

ATR/BPN Banyumas
Gambar 3. Spanduk dukungan Asian Games di Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas

Spanduk juga dipasang di depan kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Purwokerto dan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Purwokerto. Spanduk terpasang tepat di depan kantor sehingga mudah dibaca oleh orang yang lewat.
Lembaga Pemasyarakatan (LP) Purwokerto

Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Purwokerto

Gambar 4. Spanduk dukungan Asian Games di LP Purwokerto (atas) dan Bapas Purwokerto (bawah)

Tak hanya spanduk lhoo, Kejari Banyumas membuat video untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 yang dapat dilihat di link berikut  
https://www.youtube.com/watch?v=5y8Qjz76MCw. Pada cuplikan video terdapat juga foto-foto pegawai Kejari Banyumas menggunakan spanduk bertuliskan “Asian Games 2018 Untuk Indonesia!”. Wah salut sama Kejari Banyumas yang memberikan banyak dukungan untuk Asian Games tahun ini.
Gambar 5. Salah satu foto pada video dukungan untuk Asian Games Kejari Banyumas
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=5y8Qjz76MCw

Wah Salut sama dinas/ lembaga/ instansi pemerintah yang turut mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Mungkin bagi sebagian orang apa yang dilakukan mereka sangat sederhana tapi dengan kegiatan tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas telah ikut serta untuk mensukseskan pelaksanaan Asian Games. Informasi pada spanduk juga sangat informatif terutama bagi warga yang belum tahu bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk Asian Games 2018. AYO #DUKUNGBERSAMA #ASIANGAMES2018



Komentar