RESENSI BUKU


Judul buku       : Sejarah Perang Dunia
Penulis             : Saut Pasaribu (Ed)
Penerbit           : Lucas
Tahun terbit      : 2009
Jumlah halaman : 136 halaman


Bicara tentang Perang Dunia, mungkin sebagian dari kita akan mengira ini adalah perang yang terjadi hampir diseluruh penjuru dunia. Karena ini perang dunia, tentunya banyak bangsa-bangsa yang terlibat didalamnya. Tidak ada salahnya kita mengetahui tentang sejarah perang dunia ini. Pelajar, mahasiswa maupun kalangan umum lebih baik mengetahui ini, karena banyak sekali ilmu yang dapat mereka dapat dari membaca banyak buku. Inilah tujuan Saut Pasaribu yang telah membuat buku ini lebih simpel dan mudah untuk dibaca. Kita akan menuju suasana sebenarnya saat membaca buku sejarah ini. Bisa juga ini disebut sebagai ‘Perang Berdarah’.
Perang yang dimulai karena keserakahan negara-negara ini awalnya hanya perang antara dua negara, tapi negara-negara lain tidak mau kalah untuk membuat negaranya lebih maju. Perang Dunia pertama dimulai ketika pangeran dari Austria dibunuh oleh pasukan Serbia, Gavrili Princip. Konflik antara dua negara ini dimulai saat mereka memperebutkan Balkan. Seminggu setelah perang tersebut, negara-negara Eropa menjadi ikut berperang, terutama Jerman yang terus tidak mau kalah. Perang dunia pertama dimulai tahun 1914-1918. Pada akhirnya Jerman yang kejam berhasil dikalahkan dengan dikepung secara bersamaan di daerah kekuasaannya sendiri.
Jerman yang tidak mau kalah memutuskan untuk balas dendam. Setelah masa kosong selama 20 tahun akhirnya pada tahun 1939 terjadilah perang dunia yang kedua. Diawali dengan Jerman yang mengebom Polandia tetangganya sendiri, pada tahun ini Jepang turut menjadi penguasa dengan menguasai banyak negara Asia. Perang berakhir tahun 1945 dengan berhasil dikalahkannya Jepang dan Jerman dan kedua negara tersebut harus membayar ganti rugi yang sangat besar.
Saut Pasaribu mampu membuat buku sejarah yang bagi anak muda membosankan menjadi lebih hidup. Kalimat-kalimat dibuat menggunakan bahasa yang simpel dan pembaca seperti menuju medan perang yang sebenarnya. Sehingga anda akan tidak menyesal membaca buku sejarah ini.
Buku Sejarah Perang Dunia tidak hanya menyajikan sebuah fakta perang yang mengerikan, tetapi juga menyajikan urut-urutannya secara rinci dan jelas. Anda akan menambah pengetahuan tentang sejarah penting dunia ini.  Dengan begitu diharapkan buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Komentar