Ingin Tau Lokasi Fasilitas Kesehatan Terdekat? https://www.dokterbabe.com Solusinya

Seiring dengan berkembangnya teknologi, informasi mengenai kesehatan dan tips hidup sehat dapat diperoleh dengan mudah terutama melalui media internet. Berbagai situs bertema kesehatan yang menyajikan berbagai informasi mengenai kesehatan dan juga konsultasi dengan dokter secara online pun sudah banyak bermunculan. Dari berbagai situs kesehatan pengguna dapat memperoleh informasi kesehatan dengan sangat mudah mulai dari informasi obat-obatan, informasi kecantikan, informasi gizi, informasi kesehatan ibu dan anak, dan berbagai informasi lain. Informasi kesehatan tersebut dapat kita jumpai di hampir semua situs kesehatan, tetapi jarang sekali situs kesehatan yang memberikan informasi tentang lokasi fasilitas kesehatan di sekitar kita. Karena bagaimana pun juga ada kalanya kita perlu mengunjungi dokter atau rumah sakit untuk cek kesehatan, atau bahkan mengunjungi apotek untuk membeli obat jika kita merasa kurang enak badan.

Informasi lokasi fasilitas kesehatan merupakan informasi yang sangat penting untuk memperoleh fasilitas kesehatan terbaik. Keberadaan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik dokter umum, klinik dokter gigi, bahkan apotek perlu untuk diketahui terutama yang berlokasi dengan rumah kita. Penanganan cepat dari fasilitas kesehatan seperti misalnya saat kita sedang tidak enak badan sehingga perlu ke dokter terdekat atau saat kita memerlukan obat tertentu yang dapat dibeli di apotek perlu diperhatikan oleh semua lapisan masyarakat. Informasi fasilitas kesehatan dapat kita temui pada website https://www.dokterbabe.com. Jujur saja saya cukup terkejut dengan situs ini karena menampilkan informasi mengenai fasilitas kesehatan terdekat dari tempat kita tinggal yang jarang sekali dimuat dalam beberapa situs kesehatan. Dan saya rasa informasi ini sangat bermanfaat apalagi saat saya sedang pergi ke tempat baru dimana lokasi fasilitas kesehatan terdekat akan sulit saya temui. Dengan mengunjungi situs ini dan memilih fitur cari rumah sakit berbagai tempat fasilitas kesehatan dapat kita temui.

Lokasi fasilitas kesehatan ini disajikan dalam bentuk webmap yang bersumber dari google map. Tampilan web map fasilitas kesehatan ini menurut saya sangat informatif, dimulai dari simbolisasi dari setiap fasilitas kesehatan mudah dipahami. Fasilitas kesehatan yang ditampilkan pada situs ini yaitu rumah sakit, klinik, apotek, dan dokter gigi. Keempat fasilitas kesehatan ini memiliki bentuk dan warna simbol yang berbeda dan tentunya pengguna akan mudah membedakannya. Dan yang lebih penting adalah lokasi fasilitas kesehatan tersebut adalah yang terdekat dengan lokasi kita. Tentunya ini sangat bermanfaat karena kita dapat dengan cepat dan mudah memilih fasilitas yang ingin kita kunjungi secara cepat.

Gambar 1. Tampilan webmap dari situs https://www.dokterbabe.com.


Tidak hanya menampilkan informasi lokasi fasilitas kesehatan, pada webmap ini juga ditampilkan informasi detail mengenai nama fasilitas kesehatan tersebut. Misalnya saya ingin mengunjungi rumah sakit terdekat dari lokasi saya berada, saya hanya perlu mengklik rumah sakitnya dan secara otomatis pada bagian kanan akan muncul deskripsi rumah sakit yang bisa saya kunjungi. Informasinya meliputi nama rumah sakit, jaraknya dari lokasi kita, dan ada nomor telponnya juga. Informasi nomor tentu sangat penting lhoo untuk memastikan apakah fasilitas kesehatan tersebut bisa kita kunjungi saat ini juga atau hanya buka pada jam-jam tertentu. Untuk klinik, apotek, dan dokter gigi juga demikian terdapat deskripsi informasi mengenai fasilitas kesehatan yang kita pilih. 

Gambar 2. Tampilan lokasi rumah sakit pada webmap


Gambar 3. Deskripsi sala satu rumah sakit yang ingin dilihat

Informasi lokasi fasilitas kesehatan pada situs ini berbeda dengan informasi yang kita cari di google map. Perbedaannya adalah jika menggunakan situs dokterbabe.com akan ditampilkan fasilitas yang terdekat dari lokasi kita berada. Sedangkan dari google map menampilkan informasi keseluruhan. Misalnya saat saya ingin mencari lokasi apotek lewat dokterbabe.com maka apotek yang muncul adalah yang terdekat dengan lokasi saya (saya sedang berada di rumah). Namun saat saya mencari melalui google map lokasi apotek di Purwokerto maka akan muncul banyak apotek tetapi lokasinya justru jauh dari lokasi saya berada. Inilah keunggulan webmap situs dokterbabe.com yang memberikan informasi terdekat dari lokasi kita berada. Walaupun sumber dari pengambilan fasilitas kesehatan pada dokterbabe.com sama-sama berasal dari google maps tapi output yang dihasilkan berbeda.
Gambar 4. Lokasi apotek terdekat pada webmap 

Gambar 5. Lokasi apotek hasil pencarian dengan google maps

Namun ada sedikit kekurangan dari webmap ini menurut saya yaitu tidak ada tools untuk zoom in dan zoom out. Menurut saya informasi zooming ini adalah informasi dasar yang setidaknya harus ada pada suatu webmap untuk mempermudah pengguna saat ingin mendetailkan informasi atau saat ingin mengetahui fasilitas kesehatan yang lokasinya agak jauh dari lokasi kita. Tetapi  ternyata saat saya menggunakan mouse di laptop baru zooming dapat dilakukan. Kemudian ada beberapa objek yang seharusnya merupakan sebuah klinik tetapi dalam simbolisasinya dikategorikan ke dalam rumah sakit, kesalahan informasi ini tentu perlu diperbaiki agar tidak memberikan informasi yang salah kepada pengguna webmap. Contoh dari klinik yang dikategorikan sebagai rumah sakit adalah Klinik UMP, Vira Medika, Klinik Permata Azzira, dan beberapa nama klinik lain yang dikategorikan sebagai rumah sakit. Tetapi untungnya, walaupun dikategorikan dalam kategori yang salah, pada informasi deskripsi beberapa klinik yang dikategorikan menjadi rumah sakit diinfokan tetaplah klinik bukan rumah sakit. Oh ya dan ternyata setelah saya mencoba untuk membuka menggunakan smartphone, webmap ini tidak bisa ditampilkan walaupun saya sudah mengaktifkan GPS smartphone saya. Hal ini perlu diperhatikan oleh pengelola website agar webmap ini dapat dibuka menggunakan semua perangkat.


Nah! itulah webmap yang ada pada situs kesehatan https://www.dokterbabe.com, bermanfaat bukan untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan? Apalagi saat kita sedang di luar kota dan bingung mencari lokasi-lokasi tersebut. Saat anda berada di lokasi baru dan memerlukan informasi fasilitas kesehatan bukalah website ini karena fasilitas kesehatan terdekat akan mudah anda temui. Tampilan webmapnya juga ringan dan mudah dipagamu. Penggunaan webmap akan sangat bermanfaat bagi para pengguna untuk mengetahui berbagai lokasi objek secara cepat dan jelas dan situs kesehatan www.dokterbabe.com telah mengaplikasikannya untuk pencarian fasilitas kesehatan terdekat untuk memudahkan masyarakat mengakses fasilitas kesehatan.



Salam! Jangan lupa jaga kesehatan dengan pola hidup sehat.



Komentar